USAHA LEMPUK IBU SUZAINI

Foto Bersama Team Soodu.id dengan Ibu Suzaimi Pemilik Usaha Dodol dan Perwakilan Anggota Kadin Bengkalis
Foto Bersama Team Soodu.id dengan Ibu Suzaimi Pemilik Usaha Dodol dan Perwakilan Karyawan Kadin Bengkalis
Foto Bersama Team Soodu.id dengan Ibu Suzaimi Pemilik Usaha Lempuk dan Perwakilan Karyawan Kadin Bengkalis

Pada tanggal 2 Juni 2020 Team Soodu.id bergerak untuk berkunjung ke rumah pelaku usaha Lempuk di daerah Kecamatan Bantan. Kebetulan masih suasana lebaran momen yang sangat pas untuk Bersilahturahmi. Berbekal mendapat informasi dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kabupaten Bengkalis. KADIN memiliki mitra Ekslusif  menjual produk secara offline di beberapa tempat di Bengkalis dengan kerjasama antara KADIN dan Soodu.id bisa membantu lokasi UMKM di Pulau Bengkalis dan bisa membantu pelaku usaha menambah penjualan secara Online.

Di rumah pertama kami tertuju ke pelaku usaha Lempuk bernama Ibu Suzaini. Beliau sudah bergabung dengan KADIN sekitar 2014, Sebelumnya beliau menjual produk nya sekitaran rumah dan beberapa kerabat. Kemudian KADIN mengajak beliau bergabung dan dapat mempasarkan produk nya lebih luas seperti beberapa toko Bengkalis Kota termasuk di Pelabuhan Roro Bengkalis yang memang terdapat toko yang menjual produk khas Bengkalis. Penjualan sangat melonjak berkat dukungan maupun bantuan dari KADIN.

Beliau mulai merintis usaha sekitaran tahun 2007, dimana beliau mempunyai kebun durian sendiri dan berinisiatif mengelola durian tersebut menjadi makanan yang diminati banyak orang yaitu lempuk. Lempuk diakui oleh orang luar sebagai makanan khas Bengkalis ini tak lepas karena Bengkalis mempunyai segudang pohon Durian. Ketika lagi musim nya orang-orang dari luar daerah banyak mencari durian dan lempuk. Ibu Suzaini mempunyai 10 karyawan tetap untuk mengelola usaha nya, Setiap tahun lebaran biasa nya beliau membuat stok sangat banyak karena banyak juga pesananan dari Kecamatan Bengkalis maupun Luar Pulau Bengkalis. Tetapi karena Pandemi Corona kegiatan usaha menjadi macet.

Diskusi Bersama Ibu Suzaimi Pelaku Usaha Lempuk
Diskusi Bersama Ibu Suzaimi Pelaku Usaha Lempuk

Efek saat Pandemi Corona sekarang ini terasa sekali pahit nya untuk pelaku usaha lempuk seperti Ibu Suzaini. Bagaimana tidak, Setiap menjelang tahun hari raya biasanya banyak pesan produk milik nya tetapi karena Pandemi sekarang macet penjualan. Orang wisatawan luar daerah maupun luar negeri setiap hari raya  Idul Fitri banyak berkunjung ke Pulau Bengkalis. Titik penjualan paling laku di pelabuhan roro Bengkalis. Seperti tahun sebelumnya orang sampai mengantri panjang untuk keluar masuk pulau Bengkalis. Beliau pun mendukung penuh program dari Soodu.id untuk membantu para pelaku usaha seperti dirinya supaya menambah luas pemasaran secara online.

Team Soodu.id Mengecek Stok dari Usaha Lempuk Ibu Suzaimi
Team Soodu.id Mengecek Stok dari Usaha Lempuk Ibu Suzaimi