Soodu.id Berikan Materi Dalam Mini Workshop Gerakan Nasional 1000 Startup

Halo Sobat Soodu… Bagaimana nih kabarnya hari ini? Semoga semuanya dalam keadaan baik-baik saja yaa dan tentunya lagi happy dong hehe. Kali ini CMO Soodu.id menjadi pemateri lho dalam Mini Workshop Gerakan Nasional 1000 Startup. Yuk disimak artikelnya yaa

Pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau Dr. Hartono, M.Pd. yang diwakili oleh Bapak Kunaifi membuka Mini Workshop Gerakan Nasional 1000 Startup melalui zoom meeting pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022. Bapak Kunaifi  dalam sambutannya berharap dengan adanya kegiatan mini workshop ini dapat membantu mahasiswa ataupun masyarakat dalam berwirausaha  sehingga bisa terciptanya ekosistem digital.

Kegiatan ini di selenggarakan oleh UIN Suska Riau bekerjasama dengan Kemenkominfo RI dalam Gerakan Nasional 1000 Start Up Digital dengan mengangkat tema “Apa itu Startup? Kenapa Saya Harus Ikut 1000?”.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Ori Dwiputra sebagai Hub Manager Gerakan 1000 Startup Digital. Mini Workshop ini diawali dengan pengenalan Gerakan 1000 Startup Digital Oleh Ory Dwiputra. Gerakan 1000 Startup Digital merupakan program dari Kominfo dalam membangun potensi Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia. Program ini bertujuan untuk membangun negara dengan menggunakan pendekatan teknologi. 

Para inisiator startup dan tim yang memiliki solusi untuk berbagai permasalahan di Indonesia dapat bergabung dalam program ini. Nantinya, mereka akan menerima pelatihan dan bimbingan dari para mentor sehingga berhasil tumbuh-berkembang menjadi perusahaan startup digital karya anak bangsa yang mandiri dan sukses. 

Dilanjutkan pengenalan Soodu.id oleh Fitra Yulandi sebagai CMO Soodu.id. Fitra menjelaskan bahwa Soodu.id merupakan marketplace yang menghadirkan kemudahan untuk UMKM daerah dalam memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas untuk menuju UMKM Go Digital.

Setelah pengenalan dari Gerakan Nasional 1000 Startup dan Soodu.id dilanjutkan dengan pemaparan materi Apa itu Startup? dari Fitra Yulandi . Salah satunya materi yang diberikan yaitu mengenai bagaimana tips dalam membangun bisnis startup, kenapa harus mulai membangun bisnis startup dari sekarang? . Startup adalah organisasi yang dibentuk untuk mencari model bisnis yang terukur dan dapat diulang. Beliau juga menjelaskan perbedaan Startup dengan UMKM yaitu, Startup memiliki karakteristik yang sama dengan UMKM, tetapi yang berbeda adalah pada visi dan misi founder. Founder startup ingin menaklukan dunia dan memberikan perubahan yang besar bagi dunia. Sedangkan pemndiri UMKM tidak memiliki visi sebesar itu dan hanya visi kebutuhan tercukupi atau mendapatkan penghidupan yang lebih baik.

Acara ini ditutup dengan adanya Closing Statement oleh CMO Soodu.id, “Jadilah pribadi yang memiliki Growth Mindset, growth mindset adalah pola pikir atau keyakinan bahwa kemampuan dasar yang dimiliki dapat dikembangkan dan ditingkatkan melalui dedikasi dan kerja keras” tuturnya. Pola pikir berkembang adalah salah satu hal penting yang harus diterapkan dalam hidup. Ketika mempunyai pola pikir ini, kamu akan jauh lebih dapat menikmati tantangan yang dihadapi dalam hidup, terlepas dari dampak buruknya terhadap kehidupan. Selain itu, growth mindset juga membuat kamu lebih menghargai proses.