Pelatihan Cipta Produk Unggulan di Desa Ketam Putih Bersama Soodu.id

Halo sobat soodu… Bagaimana ni kabarnya teman teman? Semoga dalam keadaan sehat dan baik-baik saja ya. Cerita kali ini datang dari desa Ketam Putih lho.. Penasaran bagaimana ceritanya? Yuk baca artikel ini untuk mengetahui informasinya yaa

Soodu.id melalui program Soodupedia Coaching Clinic mengisi materi digital marketing dalam kegiatan “Pelatihan Cipta Produk Unggulan yang diselenggarakan melalui Dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Program Bengkalis Bermasa” di desa Ketam Putih, kecamatan Bengkalis, kabupaten Bengkalis. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 31 Agustus 2022.

Acara diawali dengan kata sambutan yang disampaikan oleh kepala Desa Ketam Putih Bapak Suhaimi. Dalam kata sambutannya beliau berharap Desa Ketam Putih dapat menghasilkan produk unggulan yang siap dipasarkan skala nasional. Salah satunya yaitu Terasi atau yang biasa disebutr belacan yang khas dari Desa ini. Beliau juga mengharapkan agar masyarakatnya bisa memanfaatkan sosial media dengan baik, sehingga produk yang berasal dari Desa Ketam Putih bisa diketahui oleh banyak orang, contohnya produk mie sagu, terasi dan produk khas lainnya

Dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh CEO Soodu.id Muhammad Ridho Nosa, ST., M.Kom Materi pertama yang disampaikan yaitu pengenalan tentang digital marketing. Mengapa harus digital marketing? Jawaban dari pertanyaan ini tentunya karena pada zaman sekarang semua sudah serba digital sehingga pentingnya harus mengenal digital marketing. Selain itu dengan digital marketing juga bisa menghemat biaya dan hasilnya dapat diukur sehingga pemasaran akan jauh lebih efektif.  Dengan adanya digital marketing produk UMKM yang berasal dari daerah bisa dikenal secara lebih luas dan tidak hanya di daerah tertentu saja.

Materi  kedua yaitu tentang media marketing lanjutan yang berisi penjelasan Apa itu sosial media marketing? Pemasaran secara online membuat kita bisa mendapat berbagai hal untuk mendapatkan pembeli tanpa batasan. Salah satunya yaitu melalui sosial media, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Tiktok, marketplace Soodu.id dan lain sebagainya. Dengan sosial media pembeli bisa memesan produk kapan saja dan dimana saja, sehingga bisa menambah keuntungan bagi penjual. Secara umum pemasaran tidak hanya mampu membuat orang awam memahami produk atau jasa yang ditawarkan, tapi juga meningkatkan penjualan hingga membuat bisnis bertumbuh. Nah, untuk menambah nilai plus, pada saat mempromosikan produk di sosial media gunakan kata-kata yang menarik dan menyenangkan seperti ucapan terimakasih, memberikan giveaway, memberikan bosnus atau diskon dan cara yang lainnya.

Selanjutnya materi ketiga yang disampaikan oleh CEO Soodu.id tentang Legalitas, Label dan E-Commerce. Ridho menjelaskan tentang apa saja manfaat legalitas usaha pada UMKM, salah satunya yaitu mendapatkan kepastian dan perlindungan hukum, mendapatkan kemudahan dalam pemberdayaan dan pengembangan usaha dan beberapa manfaat lainnya. Selain itu juga terdapat pemaparan materi tentang tujuan pelabelan pada kemasan. Salah satunya yaitu untuk memberikan informasi tentang isi produk dan banyak tujuan lainnya.

Sebagai penutup CEO Soodu.id juga mengenalkan apa itu Soodu.id? Soodu.id merupakan marketplace yang menghadirkan kemudahan untuk UMKM daerah dalam memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas Market Digital.

Terimakasih kepada Pemerintah Desa Ketam Putih yang telah mengundang Soodu.id. Semoga kedatangan Soodu.id bisa membantu masyarakat desa Ketam Putih dalam meningkatkan kemampuan masyarakatnya untuk menciptakan produk unggulan.