Simak Perjalanan Usaha Ragam Kerupuk Kamelliya

Bengkalis – Beberapa minggu yang lalu team Soodu.id mengunjungi salah satu UMKM yang ada di Desa Berancah, pasangan suami istri ini Pak Tarmuji dan Buk Fitri Yanti merupakan pemilik dari Kamelliya merk berbagai macam jenis kerupuk.

IMG_20200619_164150

Cerita ini berawal dari 6 tahun yang lalu tepat pada tahun 2014 bermodal dengan uang setengah juta rupiah pasangan suami istri ini membangun usahanya bersama dengan 2 orang karyawan, ide awalnya berasal dari Bibi yang mengajarkan untuk membuat kue pastel namun seiring berjalannya waktu Buk Fitri terus melakukan inovasi sehingga muncul lah ide untuk membuat kue pastel yang biasa dikenal sebagai jenis kue basah menjadi olahan kerupuk yang gurih dan lezat dengan dua rasa yaitu original dan pedas tidak cukup sampai disitu setelah sukses dengan inovasi kerupuk pastel buatannya beliau juga membuat ragam kerupuk lainya seperti kerupuk ampea juga dengan dua rasa yaitu original dan pedas .

Perjalanan yang dilakukan tidak selamanya mulus, Buk Fitri mengatakan kalau pernah suatu waktu menitipkan lebih kurang 30 kemasan kerupuk pastel dalam waktu sebulan tidak ada yang laku sama sekali, tapi untung nya produk yang dibuat masih awet karena menurut Buk Fitri kuncinya ada pada penggunaan bahan dasar alami tanpa bahan kimia dan bahan premium seperti minyak, tepung dan mentega beliau mengatakan tidak sembarang memilih bahan untuk membuat aneka kerupuknya karena itu sangat berdampak pada kualitas dan rasa kerupuk yang dihasilkan. walaupun pernah mengalami kerugian yang cukup besar namun hal ini tidak menyurutkan semangatnya untuk terus berusaha dan memperkenalkan produk-produk yang dihasilkan dari inovasi-inovasi yang ada.

Bicara tentang inovasi tidak hanya inovasi dari dua jenis kerupuk saja yang dihasilkan namun Buk Fitri pernah mencoba membuat pewarna alami untuk kerupuk ampeanya dari bahan sayur kangkung. Namun karena terjadi nya Pandemi ekonomi melemah akibat turunnya omset penjualan membuat inovasi ini belum dapat terealisasikan dengan cepat.

Dalam perjalanan usahanya pasangan suami istri ini juga sering membantu mencurahkan ide dan pikirannya ke masyarakat sekitar dalam mengembangkan produk sekaligus membantu dalam proses berjualan ini dibuktikan dengan dibangunnya sebuah warung didepan rumah beliau yang nantinya akan dijadikan tempat untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat sekitar daerah rumahnya.

IMG_20200619_165509_HDR

Dapatkan ragam kerupuk Kamelliya di Soodu.id lewat link berikut : https://soodu.id/mitra/kedaikamelliya_obrm

Download aplikasi Soodu.id di Google Playstore dan cari produk “Kamelliya”.

Atau kunjungi Outlet BUC di Jalan Sri Pulau No.132, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Bantu UMKM daerah dengan mulai membeli produk-produk lokal Indonesia.