Dana Bantuan Kamenparekraf 2021 Hingga 200 Juta

bip

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) di tahun 2021 ini telah menganggarkan Rp 60 miliar Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) ke 1200 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

BIP Kemenparekraf sendiri terbagi menjadi dua kategori, yaitu BIP Reguler yang diperuntukkan bagi badan usaha berbadan hukum yaitu perseroan terbatas (PT), yayasan, koperasi, maupun badan usaha tidak berbadan hukum yaitu CV, dengan maksimal bantuan yang diberikan sebesar Rp 200 juta per penerima yang terdiri dari 8 subsektor yaitu (aplikasi, game developer, kriya, fesyen, kuliner, film/video & animasi serta sektor pariwisata).

Sedangkan BIP JPU dapat diikuti oleh semua jenis badan usaha, dengan maksimal bantuan sebesar Rp 20 juta per penerima yang terdiri dari 3 sub sektor yaitu (fesyen, kuliner, dan kriya).

Calon penerima yang mengajukan pendaftaran tetap akan dilakukan seleksi dan kurasi oleh Kemenparekraf yang melibatkan praktisi berpengalaman. Pola pendekatan yang dilakukan ke sumber pembiayaan mempertimbangkan pemberdayaan tenaga kerja kreatif yang bertalenta demi meningkatkan kapasitas usahanya dan menghasilkan lebih banyak produksi dan kualitas karyanya.

Untuk kamu yang memiliki usaha di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif bisa mendownlod juknis, panduan pendaftaran, dan mendaftarkan segera usaha kamu di website resmi Kemenparekraf lewat link berikut :

https://aksespembiayaan.kemenparekraf.go.id/bip

Hingga tanggal 4 juli 2021.